Studio Musik Menggunakan Karpet Karena Berbagai Alasan Berikut Ini

Bila sedang mendengarkan musik kesayangan, mungkin sering kali kita hanya mengagumi indahnya lagu dan kualitas suara yang terdengar. Tapi apakah Anda pernah terpikir bahwa untuk mendapatkan kualitas suara seperti itu, prosesnya tidak mudah. Para pekerja seni di belakang lagu yang indah itu membutuhkan suatu ruangan khusus agar lagu yang terdengar bisa dinikmati pendengar semaksimal mungkin.

Karpet Dibutuhkan Di Studio Musik

Studio musik tempat musisi merekam dan mengabadikan musiknya, tentu membutuhkan persyaratan khusus. Salah satu tujuannya tentu agar kualitas musik dan suara yang terekam tidak terganggu dan tetap bisa terdengar seindah aslinya.

Agar studio rekaman dapat berfungsi dengan baik, salah satu yang diperlukan adalah karpet lantai. Karpet yang diletakan pada studio rekaman memiliki fungsi khusus, dan mungkin terdapat perbedaan fungsi dengan karpet yang biasa diletakan di rumah tinggal. Berikut sebabnya karpet sangat dibutuhkan pada studio musik rekaman.

1. Sebagai peredam suara

Suatu studio musik tentunya dipenuhi oleh berbagai alat musik. Selain itu ada pula berbagai perangkat beraliran listrik untuk memproses suara dari alat-alat musik tersebut agar musik yang sedang diciptakan bisa dinikmati sebagai sebuah lagu yang merdu. Maka bisa terbayangkan hingar bingarnya suara akibat aktivitas musisi dalam suatu studio musik. Agar suara keras tersebut tidak sampai terdengar ke luar ruangan maka ruangan studio wajib dilengkapi dengan peredam suara. Nah, karpet lantai merupakan salah satu alat yang efektif untuk meredam suara dalam ruangan.

2. Meredam gaung dan gema yang tak dinginkan

Dari aktivitas dalam studio, maka berbagai macam suara bisa tercipta dan terdengar. Baik suara atau bunyi-bunyian yang disengaja didengungkan hingga gaung yang sebenarnya tak diharapkan. Kadang ada bunyi-bunyi lain seperti gema atau gaung, yang bisa mengganggu aktivitas latihan musik maupun rekaman yang sedang berlangsung. Untuk meredam atau meminimalisir bunyi-bunyi yang ‘liar’ tersebut, maka karpet bisa digunakan. Harga karpet tidak terlalu menentukan keampuhannya sebagai peredam bunyi, asal pemasangan dan penempatan karpet dilakukan secara tepat.

3. Mencegah sengatan listrik

Berbagai perangkat listrik tentu banyak diletakan di dalam studio musik. Dari komputer, speaker, mikrofon hingga gitar listrik semuanya adalah perangkat yang dialiri listrik. Penggunaan karpet sebagai alas lantai di studio rekaman bisa menjadi suatu usaha pencegahan dari bahaya terkena sengatan listrik saat seseorang menggunakan stop kontak.

4. Elemen dekorasi

Biasanya bila sedang bekerja dalam studio, musisi bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga seharian di dalamnya. Dengan demikian tampilan interior studio rekaman sebaiknya dibuat nyaman agar pekerja kreatif yang bekerja keras di dalamnya tak merasa bosan dan terus terinspirasi. Penambahan karpet pada studio dapat menambah unsur estetika yang menyatu dalam konsep dekorasi interior sehingga tampilan ruangan menjadi menarik. Tak perlu mengeluarkan budget terlalu banyak karena kini harga karpet sangat variatif.

Karpet Bisa Digunakan Pada Area Lain

Studio musik yang aktif membutuhkan alat peredam suara yang ampuh agar tidak mengganggu aktivitas lain di luar ruangan studio. Selain pada lantai, untuk keperluan meredam suara penggunaan karpet bisa ditempelkan pada dinding. Tentu diperlukan teknik khusus untuk memasang karpet pada dinding, karena karpet harus menempel dengan baik agar tak mudah terjatuh. Bila ingin membuat studio rekaman sendiri, mungkin diperlukan jasa professional untuk memasangnya. Sedangkan untuk bahan karpet yang diperlukan tentu telah tersedia di berbagai harga karpet lantai yang ada.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *