Pencahayaan Interior yang Tepat Agar Kesehatan Mata Dapat Terjaga

Tanpa adanya cahaya, maka mata kita tidak akan dapat melihat setiap benda di sekeliling kita. Oleh karena itu, maka setiap ruangan akan membutuhkan penerangan cahaya. Entah cahaya alami dari penyinaran matahari, yang dapat diatur dengan membeli kerai dari toko jual roller blind. Ataupun dengan menggunakan penyinaran buatan dari berbagai lampu dengan macam-macam sinar yang berbeda.

Pencahayaan interior yang tepat, dapat membuat ruangan lebih indah dan apik. Namun, jika tidak mengetahui pemilihan pencahayaan interior yang tepat, maka bisa jadi mengancam kesehatan mata dari penghuninya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dapat memilih jenis pencahayaan yang tepat untuk di dalam ruangan.

Baik & Buruk Efek Pencahayaan Interior

Beraktivitas di dalam ruangan dengan penyinaran yang baik, terbukti dapat memberikan efek yang juga baik seperti, konsentrasi dan produktivitas meningkat, lebih semangat ketimbang bekerja di ruangan dengan penchayaan kurang. Dan tentu saja, kesehatan mata juga bisa terjaga.

Sebaliknya, pencahayaan buruk dapat menyebabkan kerusakan mata. Jika cahaya terlalu terang, dapat menyilaukan mata. Sementara jika cahaya kurang, juga membuat penglihatan buram. Kedua kondisi penyinaran ini akan membuat mata bekerja keras dan akhirnya jadi lelah. Dalam durasi yang lama, dapat menyebabkan mata kering, bahkan rusak.

Pemasangan lampu interior yang nyaman untuk mata

Memasang dan memilih lampu di dalam ruangan tidak boleh sembarangan. Salah-salah, malah akan membuat mata Anda lelah. Jika pencahayaan pada siang hari dapat diatur dengan membeli kerai dari toko jual roller blind, lain halnya saat cahaya matahari mulai menghilang. Maka mau tidak mau penerangan buatan harus dinyalakan.

1. Hindari memasang lampu bohlam dengan cahaya neon terang.

Cahaya neon adalah cahaya yang memancarkan warna biru. Hindari penggunaan lampu dengan cahaya neon terang, karena membuat mata silau dan menyebabkan mata lelah serta sakit kepala. Lampu yang paling baik adalah lampu dengan sinar cahaya putih seperti sinar matahari. Dengan demikian, mata dapat beradaptasi dengan baik, sehingga tidak mudah lelah karena selalu memicingkan mata.

2. Pasang penerangan yang merata.

Ada baiknya posisikan lampu di langit-langit dengan sedemikian rupa, untuk memberikan pencahayaan yang merata. Hal ini memberikan pencahayaan yang lebih baik untuk mata ketimbang hanya menggunakan sebuah lampu di tengah langit-langit. Usahakan tidak ada sudut ruangan yang gelap.

Selain itu, baiknya gunakan intensitas cahaya yang sama di setiap ruangan. Agar mata tidak harus selalu beradaptasi acapkali berpindah tempat. Sehingga mata dapat lebih mudah beradaptasi dengan pencahayaan interior tiap-tiap ruangan.

3. Pengaturan warna dinding ruangan.

Agar penglihatan lebih nyaman, pencahayaan interior yang baik juga hrus didukung warna dinding yang sesuai. Oleh karena itu, hindari warna putih dan biru pada dinding ruangan. Mudahnya, jika Anda menggunakan lampu dengan cahaya putih, jangan gunakan cat dinding putih karena akan menyilaukan. Demikian juga jika Anda memilih cat dinding biru, pencahayaan putih akan membuat silau. Tapi cahaya kuning, akan membuatnya buram.

Baca juga: Go Green Dengan Menciptakan Interior Hunian Ramah Lingkungan

Pilihlah warna-warna cat dengan shade lembut dan natural, hingga nyaman di mata. Anda juga bisa menggunakan wallpaper, karena dinding yang bertekstur lebih baik dibandingkan dinding yang licin dan memantulkan cahaya lebih silau.

Pentingnya Pencahayaan Alami

Walaupun pencahayaan interior buatan memang penting, apalagi di malam hari, tapi jangan lupakan betapa pentingnya pencahayaan alami dari sinar matahari. Selain sebagai cara penghematan energi, cahaya matahari juga memberikan penerangan lebih baik dari pencahayaan buatan.

Oleh karena itu, saat pagi hingga sore hari, bukalah gorden Anda, agar cahaya alami sinar matahari dapat memberikan pencahayaan ke dalam ruangan. Selain dapat menjaga kesehatan mata, sinar matahari juga berfungsi sebagai desinfektan dan juga antiseptik alami untuk mengurangi jumlah organisme berbahaya di dalam ruangan. Anda dapat membeli kerai di agen jual roller blind untuk dapat mengatur intensitas cahaya matahari agar tidak terlalu panas atas menyilaukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *