Instalasi Listrik

Ketahui Kapan Instalasi Listrik Harus Diperbaharui Agar Bangunan Aman

Jangan anggap sepele instalasi listrik di rumah Anda. Tidak perlu jadi ahli listrik untuk menyempatkan waktu untuk memperhatikan kondisi instalasi listrik di rumah Anda. Karena ada terjadi kebakaran karena arus pendek listrik yang ternyata disebabkan instalasi listrik yang perlu diperbaharui.

Kapankah Harus Memperbaharui Instalasi Listrik?

Ketika jasa instalasi listrik memasang sistem elektrikal di rumah Anda, sangat perlu untuk mengingat tepatnya kapan hal tersebut dilakukan. Karena ada jarak sekitar 15 sampai 20 tahun yang memerlukan pembaharuan instalasi listrik. Selain rentan waktu tersebut, ada berbagai kondisi yang memerlukan perubahan dalam instalasi listrik Anda.

1. Penambahan Daya Listrik

Penggunaan listrik akan lebih besar dengan bertambahnya orang dalam rumah. Kontraktor ME akan mendukung pendapat ini kala Anda melihat tagihan listrik yang sedikit lebih besar dari biasanya. Pada saat itulah Anda juga harus memperbaharui instalasi seiring dengan penambahan daya listrik yang Anda lakukan. Besaran daya listrik harus seimbang dengan instalasi listrik yang sesuai dan kompatible.

2. Pengecekan Instalasi Listrik

Setidaknya diperlukan pemeriksaan setahun sekali untuk memeriksa kondisi istalasi listrik. Hal ini termasuk dengan mengecek bila ada kerusakan pada kabel, penutup, elektrikal yang tidak berfungsi dan kerusakan lainnya. Sebagai pencegahan pertama dari  hubungan arus pendek listrik yang dapat mengarak pada kerusakan, pemadaman mendadak atau kebakaran. Kabel bisa terkelupas karena panas atau gigitan binatang pengerat. Lakukan pemeriksaan secara rutin setidaknya setahun sekali.

3. Sering Mati Lampu

Sering Mati Lampu

Listrik mati secara serentak di satu wilayah perumahan menandakan ada masalah elektrikal di instalasi listrik terkait. Namun, kalau yang mengalami pemadaman hanya rumah Anda saja, maka hal tersebut perlu diwaspadai. Hubungi ahli ME dan lakukan pembaharuan keseluruhan instalasi bila diperlukan.

4. Setelah Kebanjiran Atau Musibah

Kalau nasib buruk sedang menimpa Anda, seperti kebakaran atau kebanjiran. Maka dalam kondisi tersebut hal pertama yang harus diperiksa adalah instalasi listrik. Karena sangat berbahaya bila benda tersebut koslet kena air atau masalah elektrikal lainnya. Bila ingin mengambil langkah aman, maka sebaiknya bertanya pada ahlinya atau menggunakan jasa instalasi listrik untuk memeriksa keseluruhan sistematis listrik.

5. Rekening Listrik Bertambah Besar

Ada banyak hal yang menyebabkan rekening listrik Anda membengkak. Penggunaan listrik yang melebihi biasanya atau ada orang yang ikut menggunakan instalasi Anda adalah beberapa contoh hal yang bisa buat rekening listrik jadi bertambah. Jadi, bila hal tersebut terjadi maka langsung diperiksa dari keseluruhan sistem listrik sampai ke kabel-kabelnya. Untuk lebih amannya dapat diperbaharui keseluruhan instalasi agar tidak ada kejanggalan lagi.

6. Usia Perangkat Sudah Tua

Walau berfungsi dengan baik, setelah kurun waktu tertentu pembaharuian perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan usia perangkat yang sudah waktunya diganti. Rentan waktu yang dinilai saat yang umum untuk instalasi jadi aus dan berkarat adalah sekitar 15 tahun. Itu adalah yang paling pas untuk memperbaharui instalasi listrik rumah Anda. Hindari kondisi tidak diinginkan hanya karena kabel, baut, lapisan kabel yang tua dan akhirnya tidak berfungsi lagi.

Bangunan aman terkendali bila keseluruhan instalasinya dalam kondisi prima. Periksa secara berkala instalasi listrik dan lakukan pembaharuan apabila diperlukan. waspada ketikan anda perlu menambah daya listrik atau terjadi koslet pada instalasi. Segala sesuai yang berkaitan dengan masalah elektrikal mekanikal perlu perhatian lebih agar keseluruhan sistematis listrik terjada demi kenyamanan semua penghuni rumah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *