Go Green Dengan Menciptakan Interior Hunian Ramah Lingkungan

Mempertimbangkan hal terbaik yang digunakan di rumah Anda tentu menjadi prioritas utama terutama jika mengingat siapa saja yang tinggal di dalam rumah tersebut. Pertimbangan ini tentu tidak hanya didasarkan pada keindahan rumah namun juga kesehatan Anda dan keluarga sebagai pemilik rumah dan juga orang yang berkunjung ke rumah Anda. Selain keamanan, kesehatan juga harus menjadi poin penting pertimbangan Anda. Perancangan rumah tidak hanya didasarkan pada keindahan estetik saja tetapi juga bagaimana memilih dan menggunakan material serta bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi Anda. Hal ini lah yang menjadi dasar konsep hunian go green yang kian marak dikumandangkan.

Selain memilih untuk membuat desain eksterior go green, memiliki interior dengan konsep tersebut akan lebih baik untuk hunian Anda. Konsep ini baik tidak hanya untuk kesehatan orang-orang tercinta yang tinggal di rumah Anda tetapi juga baik untuk lingkungan dan planet yang kita tinggali. Konsep seperti ini akan memberikan efek yang baik bagi Anda pada saat ini dan di masa depan. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan hunian hijau seperti penataan ruang, pemilihan furniture hingga memilih cat atau wallpaper dinding yang sesuai dengan konsep tersebut.

Dekorasi Rumah dengan Tanaman

Konsep ‘hijau’ tidak akan lengkap tanpa tanaman yang hidup di dalam rumah Anda. Tanaman akan membantu menyaring udara dan melenyapkan zat-zat kimia di dalam ruangan tersebut. Selain menyehatkan, tanaman sebagai dekorasi rumah juga akan mempercantik hunian Anda dan memberikan nuansa alami dan sejuk. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan tema hunian Anda, jangan yang terlalu tinggi atau pendek, sesuaikan dengan ruangan tersebut. Tanaman seperti bambu atau bunga-bungaan merupakan pilihan paling tepat.

 

Cahaya Matahari Jadi Kebutuhan Utama Konsep Hunian Hijau

Cara terbaik untuk mempertegas konsep rumah hijau adalah dengan mendapatkan cahaya matahari sebanyak-banyaknya di dalam ruangan. Anda dapat memasang jendela pada langit-langit rumah (skylight) dan memilih jendela dengan ukuran yang cukup besar. Usahakan jendela Anda menghadap ke selatan untuk mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jendela dengan ukuran besar juga akan dapat mengurangi panas sehingga Anda cukup membuka jendela Anda tanpa menyalakan pendingin ruangan. Pemanfaatan jendela dan cahaya matahari pada pagi dan siang hari akan membantu Anda mengurangi pemakaian listrik yang juga berarti mengurangi emisi pembakaran bahan bakar yang digunakan untuk aliran listrik di rumah Anda.

Baca juga: Beli Lantai Kayu? Perhatikan 5 Hal Berikut

 

Pilih Lapisan Dinding yang Tepat

Untuk melapisi dinding rumah, seringkali kita memilih menggunakan cat karena harganya yang lebih murah dibandingkan wallpaper dinding. Namun, cat mengandung banyak zat kimia yang berbahaya bagi tubuh ketika menguap. Oleh karena itu, wallpaper merupakan pilihan paling tepat untuk konsep hunian hijau karena tidak mengandung zat berbahaya. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia berbagai jenis dan motif wallpaper yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Tidak itu saja, harga wallpaper dinding murah juga dapat menjadi pertimbangan untuk menggunakan pelapis dinding yang satu ini karena jauh lebih sehat dibandingkan cat dinding pada umumnya. Namun jika memang Anda lebih senang menggunakan cat, pastikan pilihan pelapis dinding Anda tidak mengandung VOC (volatile organic compounds).

Memiliki interior rumah yang ramah lingkungan tentu akan baik bagi kesehatan Anda dan lingkungan. Konsep seperti ini mungkin terlihat tidak seberapa dalam upaya pelestarian lingkungan tapi akan memberikan dampak besar bagi bumi. Namun, cukup dengan memilih interior yang tepat, memastikan harga wallpaper dinding murah, dan mengurangi pemakaian listrik, konsep hunian hijau sudah Anda wujudkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *