Tips Dalam Merancang Ruang Bermain Anak!

Bikin Nyaman! 4 Tips Desain Untuk Ruang Bermain Anak Ini Wajib Diaplikasikan

Masa kecil anak yang ceria dan penuh kebahagiaan dapat diwujudkan dengan memperhatikan setiap aspek dalam keseharian anak. Aspek yang paling berpengaruh adalah keberadaan sosok teladan bagi anak yakni orangtua. Selain peran orangtua yang merupakan sumber utama pengetahuan dan bahan eksplorasi anak , terdapat juga fasilitas sehari-hari yang digunakan oleh si kecil. Fasilitas seperti ruang bermain anak sangat perlu diberikan perhatian khusus demi menunjang pertumbuhan anak.Orangtua yang ingin mendesain ruang bermain anak harus memperhatikan aspek ini yakni membuat ruang bermain yang ceria dan nyaman. Selain itu ruang bermain anak juga harus dipastikan cukup pencahayaan, sebab anak sangat perlu cahaya matahari dalam proses perkembangannya. Nah, hal ini dapat diwujudkan dengan mengadaptasi desain partisi kaca kantor yang mengutamakan kecukupan pencahayaan dalam ruangan.

Bentuk adaptasi yang paling dekat dengan desain kaca kantor ini adalah membuat desain pintu kaca bagi ruang bermain anak. Kelebihan yang diberikan dengan desain ini adalah menjaga supaya ruangan cukup pencahayaan dan juga sebagai sarana bagi orangtua tetap bisa memantau si kecil saat bermain sebab pintu kaca yang transparan.

 

Tips Dalam Merancang Ruang Bermain Anak!

Untuk mewujudkan desain ruang bermain anak yang nyaman terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk merancang ruang bermain anak. Perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Perancangan ruang bermain.

Saat akan menetukan tema desain ruang bermain merupakan proses yang sangat penting dalam mewujudkan ruang bermain yang nyaman. Untuk memilih tema yang sesuai dengan anak , orangtua harus mengamati dahulu kesukaan anak. Apakah anak suka dengan tumbuhan atau bisa jadi anak tertarik dengan binatang. Dari berbagai kemungkinan ketertarikan si kecil maka orangtua harus mampu mengetahui ha apa yang paling anak gemari. Hal ini akan sangat membantu dan mendorong anak nyaman bermain dalam ruangan tersebut. Misalnya desain untuk ruang bermain bagi anak yang suka hewan , orangtua dapat membuat ruang bermain yang memiliki nuansa hutan atau membuat tempelan hewan-hewan yang anak sukai. Pemilihan warna cat dinding ruangan juga akan mempengaruhi mood anak saat bermain nantinya.

2. Furniture yang akan dipasang.

Hal yang berikutnya adalah memilih furnitur yang sesuai dengan usia anak dan memastikan bahwa furnitur-furnitur yang digunakan bebas dari zat berbahaya bagi anak. Selain itu orangtua juga harus mengecek apakah furnitur berpotensi melukai anak, seperti contoh mainan rumah-rumahan namun menggunakan pintu kaca sebagai pelengkapnya. Hal ini tentu berpotensi bahaya bagi anak jika sewaktu-waktu mainan rusak atau pecah maka kaca-kaca tersebut akan melukai anak.

3. Pakailah dinding anti noda.

Tips yang satu ini perlu anda pertimbangkan untuk merancang ruangan bermain anak. Anak-anak dengan rasa penasaran yang tinggi tidak akan segan-segan untuk menggambar bahkan mencoret-coret dinding tanpa peduli benda apa yang digunakan. Rasa penasaran anak bisa jadi mendorongnya untuk menulis sesuatu di dinding ruangan. Nah, untuk itu anda harus memastikan bahwa dinding yang digunakan adalah dinding anti noda. Sebab sebagus apapun desain yang anda buat jika tidak menggunakan dinding anti noda akan menjadi tidak nyaman dilihat jika dindingnya berantakan dengan coretan sikecil. Untuk mewadahi antusias anak mencoret-coret anda dapat menyediakan partisi kaca kantor yang sudah tidak dipakai lagi kemudian anda modifikasi dan buat menjadi papan tulis bagi anak dari bahan kaca.

4. Pastikan dalam ruangan bermain anak seminimal mungkin barang elektronik.

Jika anda ingin mewujudkan ruangan bermain anak yang nyaman maka penggunaan barang elektronik dalam ruangan tersebut juga harus sedikit mungkin, karena hal ini akan mengganggu fokus anak dalam bermain. Perkembangan teknologi yang menyebar kesetiap lapisan tak terkecuali anak-anak menjadi hal yang patut diwaspadai. Meskipun orangtua sibuk dengan barang elektronik dikantor usahakan saat diruang bermain tidak menggunakannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *