Beli Lantai Kayu? Perhatikan 5 Hal Berikut

Lantai Kayu, Jenis Lantai Populer Berkesan Mewah

Banyak orang yang ingin tinggal di rumah minimalis namun terlihat berkelas dan nyaman. Lebih-lebih jika Anda tinggal di perkotaan, dengan lahan rumah yang sangat terbatas, hadirnya rumah ini seperti menjadi jawaban untuk keluarga, lantas bagaimana menciptakan rumah impian ini? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memilih lantai dengan jenis yang terbaik seperti lantai kayu. Banyak orang yang belum mengenal lantai jenis ini, padahal keberadaannya dari hari ke hari menjadi semakin populer karena dapat membuat rumah menjadi lebih mewah, elegan dan berkelas.

 

Tips Membeli Parquet Kayu Berkualitas

Hadirnya lantai kayu jati atau pun jenis kayu lain memang dapat membuat desain interior menjadi lebih indah dan elegan. Dengan motif alam ini, rumah akan terlihat asri dan menyatu dengan alam, beda saat menggunakan lantai keramik yang membuat kaki menjadi dingin saat menginjaknya. Mulai tertarik menggunakannya? Lantai parket memiliki harga yang beragam, dengan harga yang berbeda-beda ini, kualitas bahan juga berbeda, di Indonesia, lantai parket dibuat dari jenis kayu jati, kelapa, sungkai, bangkirai dan lain-lain.

Agar tak salah membeli lantai parket, berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1. Bahan dasar lantai

Sebenarnya, terdapat tiga jenis lantai parket sekarang ini yakni solid parquet, laminate parquet serta vinyl parquet. Bahan dasar ini mempunyai keistimewaan tersendiri, harganya pun juga beragam, harga lantai bergantung dari bahan serta motif kayu,

 

2. Kenali berbagai macam jenis parket

Sebelum yakin menggunakan salah satu jenis parket, lebih baik kenali terlebih dahulu semua jenisnya. Contohnya seperti jenis solid, jenis ini dibuat dengan menggunakan kayu solid, memiliki ketebalan kurang lebih 1,5 cm, sesuai dengan nama yang dimilikinya, parket ini lebih kuat dibandingkan dengan jenis lain seperti vinyl. Sedangkan jenis vinyl, jenis ini adalah gabungan dari lapisan kayu lain dan kayu solid, terakhir adalah laminated, jenis ini dibuat dari serbuk.

 

3. Ketahui pula harganya

Beda bahan tentu saja harga yang dimiliki juga berbeda. oleh sebab itu hati-hati saat melakukan pembelian. Sebagai pemilik rumah, pasti Anda ingin lantai digunakan dalam waktu yang lama, sehingga pilih bahan yang benar-benar berkualitas dan perbedaan harga dari masing-masing jenis.

 

4. Pilih lantai yang tahan berbagai cuaca serta serangan rayap

Parket dibuat dari kayu, sehingga pilih dengan kualitas bagus seperti tahan cuaca dan serangan rayap. Bahan dasar paket akan berpengaruh pada kualitas yang akan Anda dapatkan, bila sudah memilih bahan berkualitas, jangan lupa melakukan perawatan secara teratur.

 

5. Berat kayu

Perlu diketahui bila semakin berat kayu, kayu berarti memiliki kepadatan yang tinggi. Hal tersebut juga dapat menunjukkan seperti apa kualitas serat umur kayu, lebih baik konsultasikan dengan penjual, jenis kayu apa yang digunakan serta seperti apa kualitasnya. Bila Anda menemukan lantai kayu parket yang lebih baik dan bahan dasar berkualitas pula, tidak ada salahnya memilih bahan tersebut.

Tak hanya menyangkut kualitas, harga dari lantai kayu juga harus terjangkau, bisa saja Anda menemukan kualitas yang sama namun memiliki harga berbeda. Agar mendapatkan harga terbaik, jangan lupa melakukan survei kecil-kecilan terlebih dahulu dari satu perusahaan ke perusahaan lain, baca review dengan baik bila Anda melakukan pencairan menggunakan internet. Perusahaan kredibel dan terpecaya tak mungkin ragu menunjukkan review dari pembeli.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *