6 Tips Merawat Wallpaper Dinding Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet Tahan Lama

Motif wallpaper dinding yang menarik dapat Anda gunakan sebagai pelindung atau pelapis dinding agar menjadi lebih cantik. Banyak orang yang lebih memilih wallpaper dibandingkan cat dinding karena berbagai desain danmotif yang bisa kita jumpai. Selain karena desain yang menarik, wallpaper ini juga bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya sehingga kita tidak perlu khawatir. Meskipun ada beberapa wallpaper yang bisa bertahan lama, tetap saja pada waktu tertentu wallpaper akan usang dan rusak.

Untuk menghindari hal tersebut, kita harus memperhatikan bagaimana cara merawat wallpaper dinding kamar dengan tepat. Salah-salah, wallpaper yang tidak terjaga bisa membuat dinding justru terlihat kusam dan tidak nyaman. Terlebih jika sudah ada beberapa noda dan kotoran lain yang menempel pada dinding.

Setiap ruangan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kita dapat memperkuat kesan dan suasana dalam ruangan tersebut menggunakan wallpaper, seperti wallpaper ruang tamu yang tentunya akan berbeda dengan wallpaper di kamar mandi. Perbedaan ini tidak hanya terjadi pada desainnya saja, tetapi pada materialnya juga.

Berikut ini adalah cara untuk merawat wallpaper dinding agar tetap terlihat menarik dan awet:

1. Lakukan pembersihan sesuai dengan material wallpaper dinding kamar

Cara merawat wallpaper ruang tamu agar tidak rusak adalah dengan melakukan pembersihan sesuai dengan bahan atau material dari wallpaper itu sendiri. Wallpaper yang terbuat dari kertas tentunya tidak bisa terkena air, berbeda dengan wallpaper yang terbuat dari akrilik. Padahal, banyak dari kita yang kurang mengerti bahan atau material apa yang digunakan pada wallpaper tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi kita mengenal setiap karakteristik dari wallpaper tersebut agar bisa memilih perawatan atau cara membersihkan yang tepat serta tidak merusak tekstur wallpaper anak.

 

2. Bersihkan debu atau kotoran yang menempel dengan kemoceng atau vacum cleaner

Debu dan kotoran mungkin banyak yang menempel pada wallpaper ruang tamu. Apabila terus dibiarkan,, debu tersebut akan terus bertambah dan terkumpul hingga membuatnya dalam kondisi lembab. Wallpaper yang lembab menjadi mudah berjamur ataupun rusak sehingga kita harus membersihkannya secara rutin.

Cara termudah untuk membersihkan wallpaper dinding kamar adalah dengan menggunakan kemoceng atau tisu kering apabila debu tidak menempel kuat. Usapkan secara perlahan dan berhati-hati agar tidak mengubah teksturnya.

 

3. Gunakan sabun khusus dan air hangat

Campuran air hangat dan sabun khusus sangat cocok untuk membersihkan wallpaper anak tembok kamar tahan air berbahan vinyl atau akrilik. Wallpaper tembok kamar jenis ini dapat dicuci dengan air hangat, sabun ringan, dan kemudian menyekanya dengan kain kapas atau spons lembut.

Kita harus tahu bahwa, wallpaper anak yang bebuat dari vinyl dan berlapis akrilik di atas permukaannya sehingga cukup tahan terhadap noda minyak, suhu lembab, dan lebih toleran dalam proses pembersihan. Anda harus menghindari penggunaan alat pembersih abrasif, spons kasar, atau batu apung karena akan menyobek lapisan vinyl wallpaper tembok kamar ini.

Banyak sekali orang yang mungkin belum mengetahui bagaimana cara merawat wallpaper agar tidak mudah rusak. Cara merawat wallpaper agar awet dan tahan lama serta tidak mudah rusak tidak hanya dalam pemilihan furniture-nya saja tetapi juga harus tetap memperhatikan cara-cara membersihkannya, merawatnya, agar wallpaper dinding selalu terlihat indah dan cantik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *